Cara Membuat Halaman Contact us di blog

Salah satu kelengkapan sebuah blog adalah dengan tersedianya sebuah halaman kontak. Yakni halaman yang berisi data kontak penulis agar para pengunjung bisa mengirimkan pesan jika ada sesuatu yang ingin disampaikan secara pribadi. Lazimnya, halaman kontak pada sebuah blog berisi formulir untuk isian data pengirim dan mengetikkan isi pesan yang ingin disampaikan, untuk kemudian disubmit / diteruskan ke penulis. Dan biasanya formulir kontak ini ditempatkan pada suatu halaman statis (menu laman), bukan pada menu Entri (halaman dinamis)

Adapun di sini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat form kontak otomatis dan gampang/simple tapi juga powerfull pastinya. Silahkan ikuti tutorial berikut ini :
  1. Silahkan masuk ke situs http://www.foxyform.com/ , maka akan muncul tampilan situs seperti di bawah ini.
    • Setting : Pada pilihan ini, bisa dipilih (centang) Name dan Email, dan centang juga "required field" pada Email (lihat gambar di atas). Setiap pengirim pesan harus input emailnya sebelum kirim pesan kontak.
    • Advance settings : Pada pilihan ini berfungsi untuk mengatur warna background form dan warna huruf pada form nya nanti. Silahkan klik link "Colours" jika ingin merubah warnanya. Tapi saran saya dibiarkan saja, karena tampilan warna bawaannya juga sudah pas dan mantab. Tapi kalau mau dirubah ya silahkan, bisa dipilih warna-warnanya 
    • Target e-mail address : Isikan alamat email anda yang akan dijadikan target untuk setiap pesan yang masuk agar diteruskan ke inbox email anda tesebut. Kemudian lakukan verifikasi bukan robot, dengan menekan tombol verifikasi di bawahnya.
    • Setelah selesai semua, klik tombol "Create Formular
     
  2. Setelah klik tombol "Create Formular" maka akan tampil jendela baru yang berisi data kode HTML. Tampilannya seperti di bawah ini : Copy semua kode html yang ada.
  3. Masuk ke dashboard blogger anda, klik menu laman, pilih laman baru 
  4. Maka akan muncul tampilan posting halaman. Isikan di bagian judul dengan "Kontak Saya" atau "Contact Us" atau sejenisnya. Dan masuk ke mode posting HTML (bukan Compose). Dan paste semua kode html yang tadi dicopy. Anda juga bisa mengatur lebar formulir yang dihasilkan dengan cara mengedit angka px (tanda block biru). Bisa diperkecil atau diperbesar. Sesuaikan dengan lebar blog anda. Setelah selesai, jangan lupa klik Publikasikan
  5. Dan selesai, halaman kontak blog anda sekarang sudah jadi. Untuk melihat contoh hasilnya, bisa dilihat di Menu Contact blog ini. Atau klik di sini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »